Skip links
Manfaat Donor Darah

Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat Donor DarahDonor darah merupakan kegiatan sukarela yang dijalani oleh beberapa orang, dengan cara memberikan sebagian darahnya kepada orang yang membutuhkan. Kegiatan donor darah ini tidak hanya membantu sesama, tapi juga bermanfaat bagi diri pendonor itu sendiri. Inilah deretan manfaat donor darah bagi kesehatan.

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

1. Detoksifikasi Tubuh

Tubuh yang sering melakukan donor darah tampak lebih sehat dari luar maupun dalam. Hal ini disebabkan oleh hilangnya zat-zat berbahaya yang ada dalam darah seperti zat besi berlebihan. Seperti yang diketahui bahwa zat besi dengan jumlah tidak normal akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Oleh karena itu, setiap orang disarankan untuk mendonorkan darahnya secara teratur, paling tidak jedanya sekitar 8 hingga 12 minggu sekali. Waktu tersebut diberikan agar tubuh memproduksi darah yang lebih baik lagi setelah pendonoran sebelumnya. Namun, bagi beberapa orang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada tim medis untuk pendonoran darah. Apalagi, kondisi kesehatan seseorang dapat berubah-ubah.

2. Peningkatan Produksi Darah Baru

Pasca donor darah, tubuh akan mengalami proses pembentukan darah baru guna menggantikan darah yang sebelumnya disumbangkan. Proses ini tentunya memicu sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah yang baru. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa secara tidak langsung, manfaat donor darah dapat membantu meningkatkan produksi darah baru dalam tubuh.

Hal itu pula yang nantinya meningkatkan kesehatan secara menyeluruh serta memastikan pasokan darah yang sehat bagi organ-organ vital. Bagi Anda yang ingin donor darah, pastikan dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit menular. Kondisi tersebut akan membahayakan pihak penerima donor nantinya akibat kecerobohan Anda sebagai pendonor.

3. Pengurangan Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa donor darah dapat menyehatkan tubuh, salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung. Ketika Anda memutuskan untuk donor darah, maka kadar zat besi yang ada dalam tubuh akan berkurang. Hal itulah yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung pada pendonor rutin.

Zat besi yang berlebihan di dalam tubuh dapat mempengaruhi pembuluh darah dan meningkatkan pembentukan plak di arteri. Kondisi tersebut memicu penyakit jantung pada seseorang. Namun apabila seseorang tersebut rutin mendonorkan darahnya sesuai jeda yang direkomendasikan tim medis, maka bisa dipastikan bahwa risiko penyakit jantungnya berkurang.

4. Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis sebelum mendonorkan darah. Setiap penyelenggara donor darah ditangani oleh tim medis yang profesional di bidangnya. Pemeriksaan yang dilakukan pada setiap pendonor mulai dari tes darah lengkap, tes golongan darah, dan skrining penyakit menular seperti hepatitis, HIV, dan lainnya. 

Itulah deretan manfaat donor darah bagi kesehatan. Bagi yang ingin mendonorkan darah, sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan tenaga medis untuk memastikan Anda memenuhi syarat.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag