Skip links
Manfaat Kunyit Putih

Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit PutihKunyit putih (Curcuma zedoaria) merupakan salah satu tanaman obat yang kaya akan khasiat. Beberapa manfaat kunyit putih adalah membantu meningkatkan sistem imun dan meredakan berbagai penyakit ringan yang biasa dialami manusia. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menggunakan air rebusan kunyit putih sebagai teh dan ramuan (jamu).

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit putih memiliki kandungan kurkumin, resim, sesmetoksikumin, pati, bisdesmetoksikurkumin, karbohidrat, selulosa, protein, lemak, vitamin C, antioksidan, zat besi, zat pahit, fosfor, kalsium dan minyak atsiri yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dibawah ini akan dijelaskan secara mendetail manfaat kunyit putih untuk kesehatan.

1. Mengobati Radang

Kandungan kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan yang memiliki efek anti radang poten. Umumnya, pada satu buah kunyit mengandung kurkumin kurang lebih 200 mg. Di mana zat aktif tersebut dapat membantu menghentikan kerja enzim dan sitokin yang bisa menyebabkan inflasi pada tubuh.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tanaman ini mengandung zat kurkumin yang juga bekerja untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kata lain, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit dengan cara meningkatkan imun, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut. Perlu anda ketahui juga bahwa rutin meminum air kunyit bisa memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

3. Membantu Menstabilkan Kadar Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi air kunyit secara teratur untuk membantu mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil. Selain itu, manfaat kunyit putih adalah membantu meningkatkan insulin dan membuat gejala diabetes menjadi lebih mudah ditangani.

4. Membantu Mengurangi Nyeri Saat Haid

Bagi perempuan Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri (kram) saat haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin pada kunyit dapat melemaskan kontraksi rahim. Kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim dan mengurangi terjadinya produksi prostaglandin, yakni hormon yang mengakibatkan timbulnya sara sakit.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air kunyit ternyata dapat menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Jadi, air kunyit cocok untuk anda yang tengah menjalani program diet. Agar hasil lebih optimal, anda bisa mengombinasikan sari kunyit dengan asam jawa.

6. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat kunyit putih selanjutnya, adalah mengatasi perut kembung. Salah satu tanda ada yang salah dengan kondisi perut adalah buang gas secara berlebihan. Nah, untuk membantu otot pencernaan agar tetap bergerak lancar anda bisa mengonsumsi kunyit. Karena kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya mampu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung menghentikan produksi asam secara berlebihan.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag