Skip links
Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Manfaat Lidah Buaya untuk RambutRambut adalah mahkota terutama bagi wanita sehingga butuh perawatan yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan lidah buaya. Inilah deretan manfaat lidah buaya untuk rambut.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Menghidrasi Rambut

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman gel yang kaya akan manfaat terutama bagi kesehatan rambut. Aloe vera dikenal sebagai tanaman yang mengandung banyak air sehingga mampu menghidrasi rambut kering atau rusak.

Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan lidah buaya untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan batang lidah buaya secara langsung untuk diaplikasikan pada rambut.

Ambil batang lidah buaya yang segar dan bersih, lalu pisahkan gelnya ke dalam wadah. Sebelumnya, keramaslah terlebih dahulu agar rambut dan kulit kepala dalam kondisi bersih. Lalu aplikasi pada rambut yang setengah kering, mulai dari akar hingga ujung rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu penyerapan nutrisi dengan baik.

Diamkan sekira 20 menit, Anda bisa menggunakan shower cap untuk hasil lebih baik selama menunggu. Kemudian bilas dengan air hangat untuk membersihkan gel dari batang rambut dan kulit kepala. Ulangi proses ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Memperbaiki Kulit Kepala

Tanaman lidah buaya memiliki sifat menenangkan bagi kulit kepala. Selain itu lidah buaya juga mengandung zat anti inflamasi yang mampu meredakan iritasi pada kulit kepala. Iritasi yang dapat diatasi dengan lidah buaya antara lain ketombe atau dermatitis seboroik.

Manfaat lidah buaya untuk rambut juga membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kesehatan kulit kepala. Seperti yang diketahui bahwa pertumbuhan rambut akan lebih mudah dengan kondisi kulit kepala yang sehat.

3. Memperkuat Rambut

Tanaman yang kaya akan manfaat ini juga bisa memperkuat rambut dari akar hingga batangnya. Hal itu disebabkan oleh banyaknya kandungan nutrisi pada lidah buaya, mulai dari vitamin A, C, dan E.

Apalagi, lidah buaya juga mengandung enzim yang mendukung pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat. Pemakaian gel lidah buaya yang masih alami atau produk dengan kandungan lidah buaya juga dapat membuat rambut berkilau dan mengurangi kerontokan.

4. Mengatasi Ketombe

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa lidah buaya kaya akan manfaat, terutama bagi kesehatan rambut. Sifat anti jamur dan antibakteri yang ada pada tanaman gel ini mampu mengurangi ketombe dan menghilangkan gatal-gatal pada bagian kulit kepala. Ekstrak lidah buaya atau jus lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan alami sebagai sampo antiketombe.

5. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Bagi Anda yang memiliki rambut tipis atau bahkan mengalami kebotakan dini, lidah buaya bisa menjadi solusi tepat. Kandungan enzim proteolitik yang ada pada lidah buaya, dapat membantu membersihkan bagian folikel rambut dari residu penghambat pertumbuhan rambut. Folikel rambut yang sehat lebih mudah merangsang pertumbuhan rambut.

Perlu diingat bahwa reaksi pada setiap orang setelah menggunakan lidah buaya pada rambut, bisa jadi berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda aman dari reaksi alergi setelah penggunaan lidah buaya pada rambut. Itulah 5 manfaat lidah buaya untuk rambut agar tumbuh menjadi lebih sehat.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag