Skip links
Manfaat Susu Kambing

Baik untuk Kesehatan Tubuh, Inilah Manfaat Susu Kambing

Manfaat Susu KambingTak hanya daging, susu kambing pun dapat dikonsumsi. Susu kambing mengandung banyak nutrisi. Lalu, apa saja manfaat susu kambing? Mari bahas lebih dalam!

Deretan Manfaat Susu Kambing

Berbagai macam zat gizi di susu kambing pastinya mempunyai manfaat. Beberapa penelitian mengamati kandungan nutrisi serta manfaat dari susu kambing untuk kesehatan manusia. Penjelasannya di bawah ini.

1. Baik Bagi Jantung

Susu kambing mengandung kalium yang merupakan mineral penting untuk tubuh. Setiap takaran 100 ml susu kambing, jumlah kalium adalah 160 mg. Kalium di susu kambing juga bisa menjaga tekanan darah stabil. Caranya, dengan kurangi kadar natrium di tubuh. Kadar natrium berlebihan bisa picu tekanan darah naik.

Tekanan darah yang semakin tinggi, akan membuat jantung yang memompa darah harus bekerja secara lebih keras. Begitupun sebaliknya, jika tekanan darah terkendali, maka kesehatan jantung terjaga.

2. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Selain bantu dalam mengendalikan tekanan darah, kalium di susu kambing ditemukan di sejumlah sel tubuh, seperti sel darah merah, sel otot, tulang, dan organ hati. Artinya, sel tubuh akan bekerja baik jika tercukupi asupan kalium-nya.

Tak hanya kalium, di dalam susu kambing pun terkandung asam amino triptofan. Selain bantu jaga kesehatan saraf, asam ini pun memiliki peran di dalam pembentukan hormon serotonin yang adalah hormon mengatur suasana hati.

3. Dukung Kesehatan Sistem Pencernaan

Pada perut ada bakteri baik yang bantu pencernaan, tapi jumlahnya tergantung jenis makanan dikonsumsi. Untungnya, dalam susu kambing terkandung prebiotik, makanan bakteri baik. Apabila jumlah bakteri baik normal dan bahkan meningkat, proses metabolisme tubuh pun akan menjadi lebih baik. Bakteri baik nantinya membantu kerja usus mencerna makanan serta melawan bakteri-bakteri jahat.

Perlu Diketahui Sebelum Minum Susu Kambing

Banyak manfaat susu kambing untuk kesehatan. Apalagi, susu kambing bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Orang-orang yang punya masalah medis seperti tekanan darah tinggi, kencing manis, atau kanker, aman mengonsumsi susu kambing.

Meski begitu, sebaiknya susu kambing tak diberikan untuk bayi kurang dari setahun. Hal itu karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna untuk proses susu selain ASI.

Untuk anak alergi susu, bisa mengonsumsi susu kambing. Itu karena kandungan kasein di susu kambing lebih rendah kadarnya dibandingkan susu sapi. Sedangkan untuk orang intoleransi laktosa, perlu pahami seberapa sensitif tubuh terhadap laktosa. Jika tinggi, sebaiknya memilih alternatif lain, seperti susu nabati.

Susu ini bisa mendetoksifikasi tubuh, sehingga setelah diminum bisa timbulkan gejala mirip dengan intoleransi laktosa pada tubuh, seperti diare, mual, serta perut kembung. Untungnya, berbagai gejala tersebut akan membaik cepat. Aturan minumnya, sebaiknya hanya dua gelas per hari dengan ukuran 250 ml. Susu ini bisa diminum pada pagi hari dan malam hari.

Itulah sejumlah manfaat susu kambing dan beberapa hal perlu diperhatikan sebelum meminum susu kambing. Meski banyak manfaat, tapi Anda harus sesuai aturan minum agar tidak berlebihan dan tetap aman.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag