Skip links
kalori ketan putih

Mengenal Manfaat Beras Ketan Putih, Tertarik Mengkonsumsinya?

ditinjau oleh dr. Agustina Mahardini

Bahan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan semakin populer sekarang ini. Hal tersebut bisa terjadi berkat makin tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan. Salah satu bahan makanan yang kerap digunakan untuk menjaga kondisi tubuh adalah beras ketan putih.

Karena itulah, Kami akan ajak Anda untuk lebih mengenal tentang beras ini mulai dari jumlah kalori ketan putih sampai manfaatnya.

Apa Saja Kandungan Nutrisi yang Ada Dalam Beras Ketan Putih?

Kita akan mulai dengan membahas apa saja yang menjadi kandungan nutrisi dari beras ketan putih.

  • Rendah Lemak

Beras ketan putih disebutkan memiliki kandungan lemak yang rendah , yaitu hanya sekitar 0,33 gram setiap cangkirnya.

Lemak ini nantinya akan berfungsi untuk mempermudah tubuh menyerap vitamin.

  • Protein

Beras ketan putih juga memiliki kandungan protein yakni sekitar 3,5 gram per cangkir. Bagi wanita julah tersebut merupakan 8% dari jumlah protein yang dianjurkan yakni sebanyak 46 gram.

Protein akan membantu Anda untuk menjaga jaringan tubuh seperti otot, struktur kulit dan lainnya.

  • Kalori

Kandungan kalori ketan putih dapat dikatakan cukup tinggi, yaitu sekitar 169 kal. Sumber utama kalori yang ada di dalam beras ketan putih adalah karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat di dalam beras ketan putih dapat mencapai 88%.

Beras ketan putih mengandung 1,7 gram serat dan 37 gram karbohidrat. Menurut pakar kesehatan, bagi wanita yang telah berusia di bawah dan diatas 50 tahun, jumlah tersebut merupakan 7% dari 25 gram dan 8% dari 21 gram jumlah asupan serat harian yang dianjurkan.

Apa Manfaat Beras Ketan?

Anda telah mengetahui beberapa kandungan dari beras ketan putih, sekarang saatnya untuk mengenal apa saja yang menjadi manfaatnya yang membuat beras ketan putih populer.

  • Sumber Energi

Manfaat pertama dari beras ketan putih adalah menjadi sumber energi. Dengan kandungan kalori sebesar 169 Kal yang dimilikinya, beras ketan putih akan membantu Anda untuk mendapatkan energi yang digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

  • Membantu Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

1,7 gram serat yang dikandung oleh beras ketan putih akan membantu Anda untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Hal ini karena beras ketan putih sangat berkontribusi  dalam proses tinggi serat.

  • Menangkal Radikal Bebas

Beras ketan putih juga memiliki kandungan selenium, yaitu senyawa yang memiliki fungsi sebagai antioksidan sehingga tubuh Anda akan terlindungi dari kerusakan yang bisa terjadi akibat radikal bebas.

  • Membantu Anda Mencegah Diabetes

Menurut sebuah penelitian, beras ketan putih juga memiliki khasiat untuk mengatur kadar gula darah dari pasien diabetes tipe 2.

Itulah dia informasi tentang beras ketan putih mulai dari kalori ketan putih sampai manfaat mengkonsumsinya. Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik untuk mengkonsumsinya?

Leave a comment

Explore
Drag