Skip links
Penyebab Jerawat di Pipi

5 Penyebab Jerawat di Pipi yang Jarang Diketahui

Penyebab Jerawat di PipiJerawat merupakan benjolan kecil yang kerap muncul di bagian wajah maupun punggung. Jerawat yang muncul pada wajah memang sakit, tapi juga sering kali membuat rasa percaya diri berkurang. Apalagi jerawat di pipi yang lumayan membekas sekalipun sudah sembuh. Ini dia 5 penyebab jerawat di pipi.

Penyebab Jerawat di Pipi yang Jarang Diketahui

1. Adanya Produksi Minyak Berlebih

Kita tahu bahwa wajah terutama bagian pipi memiliki kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan area lainnya. Apalagi untuk bagian pipi yang mana kelenjar minyak juga menghasilkan sebum untuk menjaga kelembaban dan melindungi kulit. Namun produksi minyak yang berlebihan tentu tidak baik bagi kondisi wajah, karena dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu timbulnya jerawat.

Hal ini paling sering dialami oleh Anda yang memiliki tipe kulit berminyak pada wajah sehingga disarankan untuk mengurangi penggunaan kosmetik berlebihan. Pastikan pula produk skincare yang digunakan cocok untuk tipe kulit berminyak agar jerawat tidak menjadi semakin meradang.

2. Adanya Bakteri Propionibacterium Acnes

Semua bagian tubuh manusia memiliki bakteri, mulai dari bakteri baik hingga bakteri jahat. Pada kulit terdapat bakteri yang memang sudah habitat aslinya, apalagi bagian muka khususnya pipi. Ketika pori-pori wajah tersumbat, maka bakteri tersebut bisa berkembang biak dengan mudah sehingga mengakibatkan peradangan dan munculnya jerawat.

Oleh karena itu Anda disarankan untuk melakukan double cleansing saat malam hari. Bayangkan, seharian penuh Anda menggunakan kosmetik atau bekerja di luar ruangan. Pastinya debu polusi juga akan semakin menyumbat pori-pori Anda sehingga jerawat pun muncul.

Lain halnya ketika Anda rutin melakukan double cleansing saat hendak tidur. Seluruh bagian wajah akan terbebas dari bakteri dan penyumbatan sehingga tidak menjadi penyebab jerawat di pipi.

3. Adanya Perubahan Hormon

Penyebab munculnya jerawat juga tidak terlepas dari perubahan hormon. Kondisi ini biasanya terjadi selama pubertas, menstruasi, kehamilan, dan atau menopause. Apabila seseorang berada dalam masa tersebut, kemungkinan munculnya jerawat menjadi lebih besar. Pada kondisi tersebut tubuh manusia dapat memproduksi minyak di kulit sehingga meningkatkan risiko jerawat di pipi maupun area lainnya, termasuk punggung.

4. Adanya Penggunaan Produk Kosmetik yang Tidak Cocok

Saat ini sudah ada banyak produk kosmetik yang dibuat sesuai dengan tipe kulit. Jadi, pastikan Anda memilih kosmetik yang tepat agar tidak muncul jerawat. Kulit wajah sangat sensitif sehingga produk yang kurang cocok akan langsung menimbulkan reaksi. Pastikan Anda memilih produk kosmetik yang tepat tanpa kandungan iritan dan menyumbat pori-pori.

5. Adanya Faktor Genetik

Kondisi wajah yang berjerawat juga dapat diakibatkan oleh faktor genetik atau warisan keluarga. Tidak heran karena yang namanya keluarga pasti memiliki setidaknya satu kesamaan seperti DNA, golongan darah, dan lainnya.

Jadi, pastikan Anda tahu penyebab jerawat di pipi secara jelas agar bisa segera mengatasinya.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag