Skip links
Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah yang Perlu Diketahui

Penyebab Sakit Perut Bagian TengahSakit pada perut bagian tengah bisa disebabkan karena berbagai masalah. Mulai dari kembung hingga kondisi serius lainnya seperti radang usus. Nyeri perut dapat berupa tumpul, kram, intermiten, ataupun tajam. 

Nyeri lokal yang terbatas di satu bagian perut kerap terjadi karena masalah di organ tertentu. Ingin mengetahui apa saja penyebab sakit perut bagian tengah? Simak secara lebih lanjut pada pembahasan di bawah ini.

Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Nyeri kram bisa dihubungkan dengan sembelit, diare, ataupun perut kembung. Pada perempuan, ini bisa dihubungkan dengan keguguran, menstruasi, maupun komplikasi reproduksi.

Nyeri ini dapat datang dan pergi, serta bisa hilang sendirinya tanpa perlu pengobatan. Infeksi bakteri, virus, ataupun parasit yang pengaruhi lambung serta usus pun bisa sebabkan sakit perut secara signifikan. Berikut ini sejumlah penyebab sakit perut di bagian tengah yang perlu diketahui.

1. IBS  (Irritable Bowel Syndrome)

Sakit perut yang terkait dengan IBS bisa lebih buruk setelah makan atau saat stres. Jika Anda menderita IBS, Anda akan alami gejala seperti sembelit, diare, dan kembung, tapi tak sebabkan pendarahan ataupun penurunan berat badan.

2. Sembelit

Anda mungkin alami nyeri gas yang tajam pada seluruh area perut saat sembelit merupakan salah satu yang menyebabkan sakit perut bagian tengah. Orang-orang yang mengalami sembelit atau konstipasi kerap merasa begah dan kembung, serta perut tampak buncit.

3. Tukak Lambung

Ini merupakan luka di lapisan perut ataupun bagian pertama usus kecil. Bisa sebabkan sensasi seperti terbakar mirip rasa lapar. Lalu, gejala yang lainnya seperti mulas, mual, ataupun muntah.

4. Pankreatitis

Penyebab yang lainnya dari sakit perut di bagian tengah adalah pankreatitis, yakni peradangan pankreas. Pankreatitis adalah nyeri hebat serta tajam di perut tengah atas yang kadang-kadang bisa menjalar sampai dada atau punggung. Penderitanya pun mungkin akan alami gejala muntah, mual, serta demam.

5. Radang Usus Buntu

Peradangan di usus buntu bisa disebabkan tersumbatnya bagian usus buntu, sehingga terjadi penumpukan bakteri di dalamnya. Di tahap awal, gejala radang usus buntu bisa berupa sakit pada perut bagian tengah.

Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Tengah

Sakit pada perut bagian tengah punya banyak penyebab serta pilihan pengobatan. Sejumlah kondisi mungkin perlu pembedahan. Akan tetapi, jika penyebabnya infeksi atau tukak lambung, dokter akan memberikan obat-obatan. Jika sakit perut di bagian tengah berkaitan dengan pencernaan, Anda bisa mulai mengobati diri sendiri dengan beberapa cara berikut.

  • Istirahatkan usus. Berhentilah makan atau Anda hanya makan makanan mudah dicerna.
  • Minum air yang banyak.
  • Terapi panas. Kompres perut dengan botol berisi air hangat atau Anda bisa berendam air hangat di bak mandi.
  • Obat rumahan. Anda juga bisa mengatasi sakit perut di bagian tengah dengan minum obat rumahan yang mengandung licorice, jahe, peppermint.

Itulah pembahasan singkat tentang penyebab sakit perut bagian tengah dan sejumlah cara mudah mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag