Skip links
Sistem Pencernaan Manusia

Sistem Pencernaan Manusia: Kemana Perginya Makanan?

Sistem Pencernaan ManusiaPernahkah Anda sadari apa yang terjadi pada makanan yang dimakan setelah masuk ke mulut? Kenapa hasil akhirnya berbeda, tidak utuh seperti semula? Jawabannya adalah karena di dalam tubuh manusia terdapat sistem pencernaan. Lalu, apa yang dimaksud dengan itu? Apa saja sistem pencernaan manusia? Apa saja fungsinya? Simak informasinya di bawah ini!

Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan adalah organ-organ dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk mengolah dan mencerna makanan. Urutan sistem pencernaan pada manusia adalah mulai dari mulut, kerongkongan, esofagus, lambung, pankreas, hati, kantung empedu, usus halus, usus besar, rektum, dan terakhir anus.

Fungsi Sistem Pencernaan Manusia

Setiap organ pencernaan memiliki fungsinya masing-masing. Mereka saling terhubung dan bahu-membahu untuk mencerna makanan Anda. Supaya organ-organ pencernaan berfungsi normal, ada sistem saraf, sistem aliran darah, macam-macam hormon, dan berbagai enzim yang mengendalikannya.

Secara umum, fungsi dari sistem pencernaan dalam tubuh manusia adalah untuk melumat makanan, menyerap kandungan gizinya, dan setelah melalui proses tersebut akan menghasilkan limbah. Tugas terakhir dari sistem pencernaan tubuh adalah mengeluarkan limbah tersebut dari tubuh dalam bentuk feses.

Fungsi Organ Pencernaan Manusia

Berikut fungsi masing-masing organ pada sistem pencernaan pada manusia:

1. Mulut

Bertugas untuk melumat makanan Anda supaya lebih halus serta mencampurnya dengan air liur sehingga memudahkan organ pencernaan lain untuk mencernanya.

2. Kerongkongan

Jika tenggorokan merupakan sistem pernapasan, kerongkongan inilah yang berfungsi sebagai sistem pencernaan. Terdapat lipatan epiglotis di atas tenggorokan supaya makanan tidak salah masuk ke tenggorokan. Selain itu, kerongkongan juga berfungsi untuk mengantar makanan ke perut lewat gerakan peristaltik.

3. Lambung

Lambung seperti mangkuk untuk menampung makanan. Di dalam lambung, terdapat sejumlah enzim dan asam lambung yang bertugas untuk memecah makanan ke bentuk yang lebih sederhana.

4. Pankreas, Hati, dan Kantung Empedu

Meskipun makanan tidak melewati ketiga organ ini, tetapi ketiganya memiliki peran vital. Pankreas memiliki fungsi mengeluarkan enzim yang akan memecah karbohidrat, lemak, dan protein yang terkandung pada makanan.

Hati bertugas untuk menghasilkan cairan empedu supaya lemak dalam makanan dapat larut, sehingga memudahkan usus halus untuk menyerapnya. Sedangkan kantong empedu berfungsi untuk menyimpan empedu dan mengentalkannya setelah diproduksi oleh hati.

5. Usus Halus

Bertugas untuk menyerap berbagai nutrisi yang telah dipecah dari makanan, seperti mineral, vitamin, protein, lemak, dan karbohidrat.

6. Usus Besar

Bertugas untuk menyerap air, vitamin, dan elektrolit dari sisa pengolahan makanan sebelum menjadi feses.

7. Rektum dan Anus

Rektum adalah bagian akhir dari usus besar dan bertugas untuk menyimpan limbah makanan atau feses sebelum keluar dari tubuh. Sedangkan anus adalah saluran untuk mengeluarkan limbah tersebut.

Demikian pembahasan mengenai sistem pencernaan manusia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk menjawab pertanyaan seputar pencernaan manusia. Supaya dapat berfungsi normal, wajib hukumnya untuk merawat organ-organ tersebut dengan menjaga pola hidup sehat.

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag