Skip links
Tekanan Darah Normal Sesuai Usia

Berapa Tekanan Darah Normal Sesuai Usia?

Tekanan Darah Normal Sesuai UsiaKondisi sehat ditandai oleh beberapa indikator. Salah satunya adalah tekanan darah normal. Lantas, berapa tekanan darah yang normal tersebut? Berikut pembahasannya.

Apa itu Tekanan Darah?

Tekanan darah mengukur aliran darah yang mengalir melewati pembuluh nadi. Jadi, tekanan darah adalah tekanan aliran darah dalam pembuluh arteri pada saat darah dipompa oleh jantung hingga ke seluruh organ tubuh manusia. Tekanan darah diketahui dengan cara mengambil dua ukuran dengan satuan ukuran mmHg atas tekanan yang ditimbulkan di bagian dinding arteri.

Jenis-Jenis Tekanan Darah

Terdapat dua jenis tekanan darah, yaitu sebagai berikut:

1. Sistole

Tekanan sistol merupakan tekanan pada arteri pada saat jantung bagian ventrikel kiri menguncup. Ketika itu, jantung berelaksasi lalu tekanan tersebut akan membawa darah keluar dari jantung hingga ke seluruh organ tubuh sehingga arteri akan meregang maksimal. Tekanan puncak pada saat ventrikel berkontraksi itulah yang disebut sebagai tekanan sistolik, yakni ketika jantung berkontraksi guna memompa darah bersih ke seluruh tubuh.

2. Diastole

Tekanan diastole merupakan tekanan paling rendah yang terjadi ketika jantung sedang beristirahat. Pada saat jantung tidak berkontraksi serta sedang menerima aliran darah balik dari seluruh organ tubuh yang membawa darah kotor.

Angka Tekanan Darah Normal Sesuai Usia

Secara normal, rata-rata tekanan darah saat puncak atau sistolik adalah tidak lebih dari 120 mmHg dan pada saat terendah atau diastolik di bawah 80 mmHg. Walaupun ukuran tekanan darah pada tiap orang bisa berbeda-beda, yang tergantung pada usia, sebagai berikut:

1. Tekanan Darah Bayi dan Anak-Anak

Bayi yang baru lahir, pada umumnya memiliki tekanan darah normal di angka 90/80 mmHg.

Pada anak-anak berusia 3 tahun hingga 12 tahun, tekanan darah normal diastolik mulai dari sekitar 104 mmHg sampai 113 mmHg, dan sistolik mulai sekitar 119 mmHg hingga 127 mmHg. Sedangkan anak berusia 6 tahun hingga 13 tahun, ukuran tensi normal sistolik ada di kisaran mulai 97 mmHg hingga 112 mmHg dan angka diastolik di kisaran  57 mmHg hingga 71 mmHg.

2. Tekanan Darah Remaja dan Dewasa

Pada orang dewasa muda, usia 13 tahun hingga 18 tahun memiliki batas normal sistolik sekitar 112 mmHg hingga 128 mmHg dengan diastolik 66 mmHg hingga 80 mmHg.

Jika orang dewasa sehat biasanya memiliki tekanan darah normal di kisaran 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Nilai 90 mmHg hingga 120 mmHg untuk tekanan darah sistolik serta 60 mmHg hingga 80 mmHg untuk tekanan darah diastolik.

Maka, angka tekanan darah normal pada lansia ada di rentang angka yang sedikit lebih tinggi, yaitu di angka 130/80 mmHg sampai 140/90 mmHg. Pada saat mencapai usia 60 tahun maka tekanan darah akan cenderung meningkat. Lalu mulai menurun pada saat mencapai usia 80 tahun lebih.

Meski demikian, hal itu juga bisa dipengaruhi oleh jenis kelamin serta alat pengukur tekanan darahnya.

Jenis Gangguan Tekanan Darah

Terdapat dua jenis gangguan tekanan darah, yakni sebagai berikut:

1. Hipertensi

Ketika kondisi tensi terlalu tinggi dari batas normalnya.

2. Hipotensi

Ketika kondisi tensi terlalu rendah dari batas normalnya.

Selalu rutin cek tekanan darah guna memantau kondisi kesehatan. Semoga informasi tersebut bermanfaat, ya!

Simak artikel menarik lainnya, hanya di Blog Viva Apotek dan temukan berbagai produk kesehatan terlengkap di Viva Apotek.

Leave a comment

Explore
Drag