Skip links

Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa? Berikut 3 Aspek Perkembangan yang Dialami Bayi Usia 2 Bulan

Bayi 2 bulan sudah bisa apa? Ketika usia 2 bulan, bayi sudah bisa mengekspresikan kesenangannya melalui beberapa cara, seperti suara, senyuman, gerakan kaki dan tangan. Tahukah anda bahwa ada beberapa aspek perkembangan yang dialami oleh bayi 2 bulan?, simak ulasanya dibawah ini.

Kemampuan Komunikasi Bayi Umur 2 Bulan

Bayi 2 bulan sudah bisa apa saja? secara umum bayi usia 2 bulan sudah bisa mendengar bunyi dan mengenali suara di sekitarnya.  Selain itu, bayi juga mulai membuat suara-suara bayi dan ekspresi wajahnya mulai berubah-ubah sesuai dengan apa yang dirasakannya, misal melotot, meniup atau menaikkan alisnya.

Tidak jarang bayi usia 2 bulan juga sudah menunjukkan keinginannya untuk digendong atau bermain, misalnya dengan celotehan atau tangisan.

Kemampuan Motorik Bayi Umur 2 Bulan

Biasanya memasuki usia 2 bulan, gerakan bayi akan semakin teratur. Gerakan tubuh sebelumnya, seperti terkejut yang sering terjadi saat baru lahir mulai tidak terlihat. Selain itu, bayi juga mudal memperlihatkan beberapa perkembangan kemampuan motoriknya, seperti:

  1. Mengikuti sesuatu dengan mata dan sudah bisa mengenali orang dari kejauhan
  2. Menenangkan diri dengan menghisap jari tangan
  3. Mulai menunjukkan ketertarikan pada benda-benda dengan warna cerah dan mainan yang bisa berbunyi
  4. Mulai menegakkan kepala hingga 450 dengan topangan tangan dan bergerak seperti orang yang push-up saat berbaring tengkurap
  5. Sudah bisa menggenggam sesuatu/benda dengan erat selama beberapa detik

Kemampuan Sosial Bayi Umur 2 Bulan

Bayi 2 bulan sudah bisa apa? Bayi dua bulan sudah mulai bisa berinteraksi dengan memberikan senyuman. Bila anda membalas senyumannya, itu bisa menjadi pelajaran bagi bayi bahwa tindakan yang baru saja dilakukannya adalah hal menyenangkan. Hal ini juga menjadi bagian dari cara berkomunikasi dengan bayi.

Di usia 2 bulan, bayi juga mulai mengeluarkan suara ketika seseorang sedang bicara padanya. Bahkan ada beberapa bayi yang sudah bisa meniru ekspresi lawan bicaranya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pada Bayi Umur 2 Bulan

Otak bayi akan tumbuh sekitar 5 cm saat 3 bulan di awal masa kehidupannya. Meskipun, bayi belum bisa membalas saat seseorang bicara, tapi dia sudah bisa menunjukkan ketertarikan dan rasa senang ketika ada seseorang yang berinteraksi dengannya. 

Satu hal penting yang harus anda ingat, tidur yang cukup adalah pondasi utama yang mendukung perkembangan bayi. Agar bayi merasa lebih rileks menjelang tidur, anda bisa membacakan cerita atau memijat mereka dengan lembut.

Berdasarkan penjelasan diatas tentang bayi 2 bulan sudah bisa apa, bisa ditarik kesimpulan bayi 2 bulan sudah mulai menunjukkan perkembangannya. Namun, perlu anda ketahui bahwa perkembangan komunikasi, motorik dan sosial setiap bayi tidaklah sama.

Leave a comment

Explore
Drag